MGK, JakPus
0853 1200 0938
0821 1141 1106

jenis water meter dan flow meter air

jenis water meter dan flow meter air

jenis water meter dan flow meter air

Water flow meter adalah flow meter yang digunakan untuk mengukur debit air, baik pada sistem tertutup seperti pipa maupun sistem terbuka seperti sungai, parit atau saluran. Yang dimaksud dengan air adalah zat cair yang dasarnya adalah air, baik itu air lumpur, air limbah kimia, maupun zat cair yang komposisi airnya paling banyak.

Pengukur aliran air didasarkan pada cairan yang mengandung elemen utama air yang memiliki konduktivitas atau tidak ada konduktivitas atau konduktivitas yang sangat kecil di bawah 20 mikro Siemens. Sedangkan zat cair itu sendiri yang kandungan zat padatnya juga bervariasi yang mempengaruhi kekentalannya.

pengukur aliran magnetik
flowma pengukur aliran magnetik
 

Pemilihan jenis flowmeter air
Untuk meteran aliran air jenis ini, pemilihannya harus mengacu pada spesifikasi cairan dan dapat lebih mudah diklasifikasikan sebagai berikut:

Flow meter untuk air murni atau air suling atau air yang konduktivitasnya di bawah 2 mikro siemens atau kurang seperti air demin, air kondensat atau sejenisnya
Meteran air untuk lumpur yang mengandung padatan atau kotoran atau partikel lain seperti air lumpur, air limbah, air sungai, air kotor, air laut dan sejenisnya
meteran air untuk air minum untuk makanan atau minuman seperti air minum, susu, jus, kecap, saus, bir, air nira dan sejenisnya yang harus memenuhi food grade class
Pengukur aliran air yang mengandung bahan kimia yang memiliki sifat asam atau basah atau PH normal, dimana pengukur aliran air jenis ini harus memiliki ketahanan terhadap sifat korosif
Flow meter yang dapat diterapkan pada saluran terbuka seperti sungai atau parit atau saluran.
Jenis dan jenis flowmeters air
Jenis dan model meter air tergantung pada teknologi yang digunakan sesuai dengan pengelompokan cara kerjanya dan jenis meteran air. Sebelum memilih jenis atau model flowmeter, ada baiknya menyebutkan spesifikasi lengkapnya, agar sesuai dengan tujuan pemasangan dan umur panjang tim.

Dalam banyak kasus, kesalahan terbesar dalam memilih jenis flowmeter yang mengakibatkan umur pendek dan biaya perawatan tinggi adalah kesalahan persepsi. Dimana pembeli tidak mengerti bagaimana cara menentukan jenis water flow meter sedangkan penjual ingin menjual water flow meter yang tersedia dalam stok.

Untuk jenis water flow meter yang memiliki konduktivitas diatas 20 micro Siemens dapat digunakan magnetic flow meter, turbine flow meter, ultrasonic flow meter, vortex flow meter, Coriolis flow meter dan lain-lain. Namun pemilihan jenis flowmeter harus didasarkan pada fungsi dan jenis materialnya, agar pemasangan flow meter memiliki fungsi dan manfaat yang diharapkan.


Untuk meter air yang memiliki konduktivitas di bawah 20 mikro Siemens sebaiknya menggunakan ultrasonik, turbin, vortex, coriolis dan jenis lainnya. Yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan spesifikasi cairan. Namun water meter tipe turbin sebaiknya digunakan untuk fluida yang homogen dan memiliki sifat pelumas sehingga bearing/bushing tidak mudah aus.

Sedangkan tipe vortex yang memiliki akurasi agak buruk, sebaiknya digunakan untuk cairan yang sangat panas. Untuk cairan korosif ekstrim dan sebagainya, Anda harus menggunakan meteran air tipe elektromagnetik dan Anda juga dapat menggunakan klem pada meteran aliran tipe ultrasonik.

Pengukur aliran air limbah elektromagnetik
Untuk flow meter air limbah, air lumpur termasuk slurry sebaiknya menggunakan jenis water meter yang tidak memiliki elemen yang bersentuhan dengan cairan. Pengukur aliran air bubur jenis ini tidak memiliki elemen bergerak atau berputar, yaitu pengukur aliran elektromagnetik.

Pengukur aliran air elektromagnetik memiliki sensor berupa elektroda, yang dipasang di permukaan bagian dalam meter aliran, sehingga jika cairan mengandung padatan atau kotoran, pengukur aliran tidak akan macet.

Hanya saja jenis cairan harus disesuaikan dengan bahan liner dan elektroda untuk tingkat suhu, keasaman dan tekanan yang memiliki bahan yang berbeda.

Untuk meter air yang digunakan untuk makanan dan minuman seperti flow meter untuk susu, air minum, obat-obatan, saus, kecap, bir dan sejenisnya, sebaiknya menggunakan bahan food grade atau SUS 316.rudi.

      Artikel lainnya:

Jenis Pengukur Aliran Ultrasonik
Kalibrasi Pengukur Aliran
Cara Mengoperasikan Pengukur Aliran Portabel
Aplikasi Pengukur Aliran
Fungsi Pengukur Aliran
Pengukur Aliran Air
Harga Pengukur Aliran Air
Pengukur aliran massa Coriolis
Water meter untuk jenis cairan ini harus menggunakan magnetic flow meter atau coriolis mass flow meter. Pengukur aliran massa Coriolis ini memiliki akurasi yang sangat baik hingga 0,1%. Namun jika akurasinya dianggap agak kendor di kisaran 1%, Anda juga bisa menggunakan penjepit pada flow meter ultrasonik, karena sensor flow meter jenis ini hanya menempel di permukaan luar pipa atau tidak bersentuhan. dengan cairan seperti gambar.

Distributor Flow Meter